Jumat, 09 Agustus 2013

Ini Lebaran

Taqabalallahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum..
Happy Eid Mubarak :)
Alhamdulillah, selesai sudah 30 hari kita menjalani puasa Ramadhan. Meski amalan-amalan yaumi nya belum sempurna tetapi tidak salah jika kita berharap agar amalan-amalan yg telah dilakukan tak sia-sia,, aamiin..

Lebaran,, hari yang sangat dinantikan, hari penuh kemenangan. ALLAH telah berikan 2 hari indah ini penuh dengan kenikmatan karena di hari lebaran ini raga berkumpul padu , saling bersilaturahim dan saling mengucap maaf serta limpahan rezeki saling berdatangan. Keceriaan memenuhi hari lebaran. Segala puji bagi ALLAH yang telah melimpahkan beribu kasih saying tak terhitung untuk umat islam saat ini. Tak benar, jika kita dilupakan dengan ucapan syukur kepadaNya..

Agenda lebaran beragam sekali. Masyarakat Indonesia mempunyai tradisi sendiri dalam merayakannya, dan tradisi ini selalu dilakukan setiap kali lebaran.
1.Membuat ketupat
 Ketupat adalah makanan yang selalu ada pada saat lebaran. Ketupat yang terbuat dari beras lalu dibungkus dengan daun kelapa muda sangat di nikmati pada saat lebaran. Biasanya ketupat ini selalu disajikan dengan sayur kari, sayur gulai, ataupun aneka sayur lainnya yang bersantan.
 
2. "Nyekar"
Kegiatan yang satu ini selalu serentak dilakukan pada saat lebaran. Di kampung ku sendiri selalu dilakukan, yaitu kegiatan pergi ke makam sanak saudara/kerabat yang telah meninggal sekedar mengenang dan mengingatkan akan kematian. Kegiatan Nyekar ini biasanya selalu dibawakan kembang-kembang / bunga-bunga serta air lalu di taburkan diatas kuburan. Entah apa yang menyejarahi adanya tradisi ini.
3. Saling berkunjung ke rumah-rumah
Silaturahim saat lebaran begitu kuat. Semua orang saling berkunjung kepada kerabat, tetangga-tetangga nya. Di saat berkunjung untaian maaf saling di berikan. Indah sekali rasanya. Semua orang berubah ramah dan saling berucap doa'. Allah berikan nikmat pada hari ini.

Sebenarnya banyak sekali tradisi lebaran di masyarakat Indonesia. Hanya yang disebutkan adalah beberapa tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Lebaran Lebaran penuh dengan senyuman, Alhamdulillah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah dibaca :)